Letjen Sutoyo 90 Malang+6281-136-1151 / Pin BB 26395361

Bisnis Kuliner: 7 Kesalahan Umum dalam Menjalankannya

Post 56 of 94

Bisnis kuliner memang nampak mudah dan tak ribet untuk dijalankan. Akan tetapi bisnis kuliner juga merupakan salah satu bisnis yang seringkali menimbulkan kerugian jika tidak ditangani dengan benar. Ada 5 kesalahan yang paling umum dalam bisnis kuliner:

1. Fokus

Sama halnya ketika anda melakukan bisnis lain, dalam menjalankan bisnis kuliner, anda harus fokus. Ketika anda mulai melihat hasil dalam bisnis kuliner, anda harus tetap fokus dengan pengembangannya. Jangan sampai karena bisnis kuliner anda sudah besar dan sukses, anda lalu beralih fokus pada bisnis lainnya. Anda harus tau bahwa persaingan tidak berhenti sampai di situ.

2. Konsumtif

ketika bisnis kuliner anda sukses, pasti anda akan mendapatkan banyak keuntungan. Akan tetapi anda harus ingat, jangan sampai keuntungan yang banyak itu anda gunakan untuk aktivitas-aktivitas yang bersifat konsumtif. Lebih baik keuntungan yang anda dapatkan anda gunakan untuk modal sebagian dan pengembangan bisnis kuliner anda.

3. Egois

Apa yang dimaksud egois di sini adalah bahwa anda tak mau berbagi kepemilikan. Kenyataannya, dengan berbagi kepemilikan misalkan dengan melalui sistem keagenan akan memudahkan anda untuk memperluas pasar anda. jadi apa salahnya berbagi kesuksesan.

4. Stagnan

Jangan pernah lupa bahwa ketika anda memulai berbisnis, termasuk bisnis kuliner, anda tidak bisa lagi bermalas-malasan dan mengandalkan orang lain seperti ketika anda bekerja untuk orang lain. Dengan memiliki bisnis sendiri berarti anda harus menjadi bos dan penentu kemana akan anda bawa bisnis anda. Persaingan yang semakin hari semakin tinggi harus diimbangi dengan semangat inovasi yang tinggi pula. Tetaplah berusaha untuk menyajikan inovasi terbaru dalam menyajikan produk-produk anda, sehingga anda bisa tetap membaut pelanggan anda tetap setia.

5. Harga

Jangan pernah terpancing emosi ketika anda temukan pesaing dalam bisnis kuliner anda memasang harga yang jauh lebih rendah dari harga pasar. Tetap yakinkan diri anda bahwa produk anda layak untuk bersaing di pasaran. pastikan mutu terjamin dan terbaik untuk pelanggan anda dengan harga yang paling terjangkau yang bisa anda usahakan. Ada harga ada rupa, pelanggan yang baik dan berkualitas pasti tau tentang aturan itu.

6. Profesional

Dimanapun anda, apapun pekerjaan anda, seberapapun keuntungan yang anda dapatkan, anda harus tetap menjaga kualitas anda. Apalagi ketika anda memiliki bisnis sendiri. Bisnis kuliner mungkin bisa dikatakan bisnis yang  mudah, akan tetapi, kualitas kuliner yang anda sajikan, jaminan kesehatan yang anda miliki, juga pelayanan terbaik yang anda penuhi akan menjadi sebuah aset yang penting untuk membuat keberhasilan bisnis kuliner anda.

7. Rencana Pengembangan

Ketika membuka sebuah bisnis kuliner, sekecil apapun, anda harus pastikan bahwa anda tidak hanya mengejar target jangka pendek. Usahakan dan pastikan bahwa anda punya rencana dan target jangka panjang yang akan anda capai. Sehingga arah perjalanan bisnis kuliner anda jelas dan pasti. Lakukan setiap yang anda kerjakan atas bisnis kuliner anda secara total dan maksimal. Selamat berbisnis kuliner!

,

This article was written by yantijunda

Menu