Letjen Sutoyo 90 Malang+6281-136-1151 / Pin BB 26395361

Cara Memilih Ayam Segar: Tips Membedakan Ayam Segar dan Ayam Tiren

Post 44 of 94

Ada cara memilih ayam segar yang baik dan sehat. Jika anda merupakan salah satu ibu yang sering mengolah ayam, atau keluarga anda merupakan pecinta ayam untuk dijadikan lauk pauk. Maka anda perlu tau bagaimana cara memilih ayam segar yang baik dan sehat. Apalagi, belakangan ini marak sekali diberitakan penjualan ayam tiren yang sangat berbahaya untuk kesehatan. Nah, berikut ini beberapa tips untuk anda tentang bagaimana cara memilih ayam segar yang baik dan sehat:

Ayam Tiren

Ayam Tiren

Ayam Segar

Ayam Segar

Untuk mengenail ayam tiren, anda bisa mengenalinya dengan cara yang lumayan mudah. Lihatlah warna bagian bawah sayap. Jika ayam tersebut merupakan ayam tiren, maka akan ada darah beku di bagian bawah sayap. Ini merupakan gumpalan dara yang merupakan efek dari tidak sempurnanya dara h dikeluarkan dari ayam ketika dipotong setelah mati.

Cara memilih ayam segar yang kedua adalah dengan cara menggosok kulit ayam. Anda bisa menggunakan jari anda. Apabila ada rasa atau penampakan seperti tempung saat digosok, maka anda patut curiga, karena ayam tersebut kemungkinan telah di cuci atau dilumuri bahan kimia. Sisa yang ditinggalkan tersebut merupakan bahan kimia yang tertinggal akibat pencucian yang kurang sempurna.
Untuk mengetahui apakah ayam yang akan beli mengandung borak atau tidak, anda bisa melihat dengan cara mengamati apakah ada lalat yang hinggap pada ayam tersebut. Jika tidak ada maka anda jangan membelinya, karena lalat sangat anti dengan boraks.
Seperti halnya daging sapi, ayam juga memiliki bau khas, maka ciumlah bau ayam yang akan anda beli, tak perlu sampai mendekatkannya sangat dekat ke hidung, angkat agak mendekat ke hidung maka anda akan bisa mencium baunya, jika yang anda cium adalah bau anyir, maka segeralah pindah ke tempat lain.
Dari segi warna, daging ayam yang baik adalah daging ayam yang berwarna putih krem sedikit kemerahan, bukan yang berwarna kuning kehijauan. Jadi anda bisa sangat jelas membedakan antara ayam yang baik dan sehat dengan ayam tiren.
Jika daging sudah busuk, biasanya daging berlendir atau terlalu kering, ini akan berefek pada kekenyalan daging. Daging yang segara adalah daging yang kenyal. Coba anda tekan daging ayam yang akan anda beli, jika kembali ke bentuk semula, kenyal, maka daging ayam itu bisa anda beli.
Untuk  menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik anda membeli daging ayam langsung dari rumah pemotongan. Dengan demikian anda bisa memastikan bahwa daging ayam yang anda beli segar, sehat, dan aman dikonsumsi. Jika tidak, maka pastikan anda membeli pada penjual yang anda tau bisa dipercaya. Tapi selalu cek kembali dengan beberapa cara di atas.
Demikian tips cara memilih ayam segar yang baik dan sehat. Jangan lupa, jangan terpengaruh dengan murahnya harga, karena bagaimanapun kualitas dan keamanan tetap menjadi nomer satu.

,

This article was written by yantijunda

Menu