Letjen Sutoyo 90 Malang+6281-136-1151 / Pin BB 26395361

Kunci Sukses Memulai Bisnis Kuliner

Post 43 of 94

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang kini sedang diminati. Banyak sekali orang yang mulai berburu ide untuk memulai bisnis kuliner. Disamping bisa memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Pengelolaan yang baik akan memberikan manfaat yang bisa dinikmati oleh para pemilik bisnis ini dalam jangka panjang.

Akan tetapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda memulai bisnis kuliner sehingga anda bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan yang mungkin terjadi dalam perjalanan bisnis kuliner anda:

1. Temukan Lokasi yang Tepat

warung-pasta

Jika anda mau memulai bisnis kuliner, anda harus sudah mensurvey tempat sebelumnya. Pastikan bahwa bisnis kuliner anda berada di tempat dimana pasar akan sangat luas. Pastikan juga anda menyesuaikan tempat dengan target pasar yang anda tuju. Misalnya, jika anda mebangun bisnis makanan dengan harga terjangkau, usahakan anda memilih lokasi yang dekat dengan kampus, atau pusat keramaian seperti alun-alun. Akan tetepi jika anda memulai bisnis kuliner dengan memasang harga yang agak tinggi, pastikan anda memilih lokasi di daerah perkantoran elit atau perumahan elit.

2. Kualitas Produk

peluang usaha ibu rumah tangga

Bisnis kuliner bukan hanya tentang lokasi dan bagusnya tempat yang anda sediakan, tetapi juga kualitas. Pastikan kualitas produk bisnis kuliner anda terjamin. Sebelum menjual produk, anda bisa mencoba berbagai percobaan rasa, dan pastikan bahwa rasa produk anda sesuai dengan cita rasa penduduk lokal. Dan ingat, jangan memberikan produk dengan harga murah tapi rasa sekedarnya. Tapi produk dengan rasa lezat dengan harga yang paling bisa ditekan. Konsumen saat ini lebih cerdas dalam memilih.

3. Karyawan

karyawan

Untuk membangun sebuah bisnis kuliner yang besar, anda juga memerlukan karyawan untuk membantu anda menjalankan bisnis kuliner anda. Pastikan anda menggunakan standar yang tinggi dalam membayar karyawan. Sehingga etos kerja yang tercipta akan baik, yang otomatis akan mempengaruhi performa bisnis kuliner anda secara keseluruhan.

4. Keuangan

Manajemen Keuangan

Rencana yang matang akan sangat diperlukan dalam pengelolaan keuangan anda. Jika anda akan memulai bisnis kuliner anda, maka anda perlu membuat perencanaan keuangan jangka pendek dan jangka panjang.

5. Strategi Pemasaran

marketing

Sebelumnya, anda harus menentukan, jenis bisnis kuliner apakah yang akan anda buka. Restaurant, reseler produk makanan, atau keduanya. Nah setelah ditentukan maka anda harus segera menyusun strategi pemasaran yang baik. Buatlah pamflet, brosur, atau spanduk, yang akan dipasang di jalan-jalan yang memungkinkan orang melihatnya dengan mudah. Dan ingat, buatlah semenarik mungkin, ada banyak jasa periklanan yang bisa membantu anda.

Nah, demikian kunci sukses memulai bisnis kuliner yang bisa anda buat. Jika anda Benar-benar tertarik, maka segeralah berbuat. Lakukan dari yag paling kecil. Mulailah sekarang, dan pastikan bahwa tak ada yang terlewatkan. Semoga sukses!

,

This article was written by yantijunda

Menu