Letjen Sutoyo 90 Malang+6281-136-1151 / Pin BB 26395361

Masak Praktis: Tips dan Trik untuk Para Ibu

Post 51 of 94

Masak praktis adalah salah satu solusi paling dicari oleh para ibu rumah tangga yang memiliki aktivitas di luar rumah, Mereka yang sibuk dengan kegiatan luar rumah atau pekerjaan akan selalu mencari cara untuk tetap menyajikan makanan yang sehat dan nikmat untuk kelaurga.

Akan tetapi, seringkali masak praktis diidentikan dengan memasak makanan instan yang biasa tersedia di super market. Masak praktis juga seringkali identik dengan membeli makanan-makanan junk food dengan rasa nikmat namun kemanan kurang terjaga. Berikut ini ada tips untuk anda para ibu yang sibuk diluar namun tetap inigin menyajikan menu makanan yang sehat, aman, dan bergizi untuk keluarga.

1. Untuk menghemat waktu memasak anda, ketika memiliki waktu luang anda bisa membuat potongan-potongan bawang bombay dan bawang putih lebih banyak. Karena bisa disimpan di freezer, maka anda tak perlu khawatir akan basi, sehingga ketika anda membutuhkannya, anda tinggal mengeluarkannya dari freezer.

bumbu

2. Jika anda akan masak untuk sekali makan, maka cukup gunakan pinggan kecil, sehingga masakan akan cepat matang.

3. Jika anda menggunakan bahan makanan yang membutuhkan waktu lama, seperti daging atau sayur keras, untuk matang, sebaiknya anda memotong-motongnya dalam bentuk yang agak kecil, agar lebih cepat matang. 

4. Menabung bumbu dasar. Dalam memasak kita selalu membutuhkan bumbu dasar. Tak perduli apapun masakannya. Oleh karena itu, ketika anda punya waktu yang lebih banyak untuk memasak atau mungkin di hari libur anda, anda bisa membuat bumbu dasar. Misalnya, anda menghaluskan bawang bombay, bawang putih, cabe secara terpisah. Kemudian anda bisa memasukkannya ke toples kecil-kecil yang berbeda dan bisa dimasukkan ke kulkas. Atau, jika khawatir basi, anda bisa menumisnya terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke toples.

100_4359

5. Jika keluarga anda menyukai sambal, maka anda bisa membuatnya dalam jumlah yang cukup untuk persediaan seminggua. Anda bisa membuat sambal terasi dengan paduan bawang merah, bawang putih, cabe, tomat dan trasi. setelah dihaluskan tumis beberapa lama sehingga akan membuatnya tidak cepat basi. Jika ingin lebih awet lagi, maka anda tak perlu menggunakan tomat. Lalu untuk menyediakan sambal kecap, anda tinggal mencampur irisan bawang goreng yang anda punya, kecap, dan cabe secukupnya–itu tak akan menghabiskan waktu lama.

6. Untuk lauk, berupa ikan laut atau sea foods, anda bisa memilih lauk yang segar, sebelum dimasukkan ke kulkas sebagai stok. Jika anda tidak suka ikan yang sudah dikulkas, maka anda bisa membelinya saat perjalanan pulang. Untuk bumbu anda tak perlu khawatir karena anda sudah punya stok bumbu dasar, tinggal melengkapi beberapa bumbu tambahan sesuai dengan masakan yang akan anda buat.

Nah, masak praktis tak lagi susah bukan? selain itu anda bisa menyajikan santapan yang sehat dan aman, Oh! atau anda juga bisa mencoba solusi masak praktis yang ditawarkan oleh Koki Instan, Koki Instan punya produk Ayam Kampung Goreng dan Bebek Gurih yang lezat dan sehat. 

,

This article was written by yantijunda

Menu