Letjen Sutoyo 90 Malang+6281-136-1151 / Pin BB 26395361

5 Tips Memulai Bisnis Makanan

Post 49 of 94

Sebelum memulai bisnis makanan anda, ada beberapa hal yang sangat mendasar yang harus anda pertimbangkan. Hal-hal berikut akan sangat berpengaruh terhadap tahapan memulai bisnis makanan selanjutnya. Apa sajakah hal-hal tersebut?

1. Tempat Produksi

Sebelum mengurusi hal lain, anda harus tau seberapa besar tempat produksi yang anda gunakan untuk memulai bisnis makanan anda. Dimana anda akan mengolah produksi anda. Apa anda membutuhkan tempat yang besar atau cukup anda melakukan produksi di dapur anda. Misalny, jika produk bisnis makanan yang akan anda buat hanya berupa kue kering, mungkin anda bisa memulai bisnis makanan anda dengan memanfaatkan dapur anda di rumah. Akan tetapi jika produk yang akan anda buat adalah es krim, maka pastinya anda akan membutuhkan dapur yang lebih besar.

8. Meja Stanless untuk produksi

Selain itu, jika anda membutuhkan tempat produksi yang besar, anda perlu mengatur perijinannya.

2. Tentukan Harga

Celengan ayam, hen bank

Apabila anda membuat bisnis makanan yang sudah banyak diproduksi di daerah anda, maka anda harus benar-benar pintar dalam menentukan harga. Persaingan harus kompetitif tanpa harus merugikan anda. Untuk memulai bisnis makanan anda bisa memberikan harga paling rendah dengan keuntungan  paling kecil. Ini hanya awal, jika anda sudah mendapatkan kepercayaan pembeli, maka anda bisa mulai menaikkannya sewajarnya. Jadi tak perlu tergesa-gesa untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

3. Label

Label sangat penting untuk sebuah produk, disamping merupakan alat penarik konsumen, label juga merupakan alat yang anda gunakan untuk menarik kepercayaan konsumen. Anda harus sudah mendaftarkan merek bisnis makanan anda di departemen terkait untuk segera bisa di tampilkan di label produk anda.

4. Kemasan

peluang bisnis ayam goreng

Untuk menhindari kerugian, karena anda memulai bisnis makanan, maka anda juga harus sudah menentukan jenis kemasan apa yang akan anda gunakan untuk produk anda. Kemasan yang murah mungkin akan mengurangi biaya produksi. Tapi ini bisa berarti tidak bisa memberikan produk anda keamanan dari bakteri atau patogen. Carilah kemasan yang aman untuk produk anda, sehingga juga akan mengurangi kemungkinan kadarluarsa lebih cepat: Ingat, anda sedang memulai bisnis makanan.

5. Diversifikasi Produk

makanan-ringan-300x225

Anda akan memulai bisnis makanan bukan? Pastikan bahwa anda tetap fokus. Jangan terlalu memusingkan banyaknya jenis produk yang anda punya. Fokuslah pada produk yang benar-benar anda sudah kuasi. Kualitas rasa tetap masih nomer satu. Jangan hanya membuat sebuah produk makanan yang enak tapi khas. Misalnya, jika anda menjual bolu, maka pastikan bahwa bolu anda memiliki rasa yang nikmat namun khas dan berbeda dari bolu-bolu yang lain.

Jadi, sudah siapkah anda memulai bisnis makanan anda? Ingat semua hal yang besar dimulai dari hal kecil. Dan jangan lupa, bisnis makanan tak hanya mengenai kemasan tetapi juga harga dan rasa. Selamat mencoba!

,

This article was written by yantijunda

Menu